5 tips mencegah wabah Virus Corona

3

Penyebaran virus corona baru (SARS-CoV-2/COVID-19, sebelumnya disebut 2019-nCoV) di seluruh dunia mungkin membuat Anda mengkhawatirkan gejala saluran pernapasan yang Anda alami. Meskipun kemungkinan Anda mengalami infeksi saluran pernapasan biasa seperti flu atau pilek lebih besar, ada baiknya Anda memperhatikannya dengan serius dan menghubungi dokter untuk berjaga-jaga. Jika Anda sakit, dokter akan membantu memberikan perawatan yang Anda butuhkan.

Hingga saat ini belum terdapat vaksin yang dapat melindungi manusia dari infeksi virus korona. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengeluarkan beberapa panduan untuk mencegah dan menghindari penyebaran virus corona. Hal ini senada dengan imbauan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI dengan meningkatkan imunitas tubuh melalui pola makan bergizi serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

  1. Waspadai batuk kering atau berdahak. Meskipun menyebabkan infeksi saluran pernapasan, virus corona tidak menimbulkan gejala sebanyak flu biasa atau pilek. Batuk kering atau berdahak adalah gejala yang lazim. Hubungilah dokter jika Anda batuk dan baru-baru ini bepergian (terutama Tiongkok, Korea Selatan, Italia, Iranatau Jepang maupun bertemu dengan seseorang yang mungkin terinfeksi
  • Tutupilah mulut Anda dengan tisu atau siku tangan agar orang lain tidak tertular infeksi. Anda juga boleh memakai masker bedah untuk menangkap percikan yang dapat menginfeksi orang lain.
  • Selama sakit, jauhilah orang-orang yang berisiko tinggi terinfeksi dan mengalami komplikasi, seperti manula berusia 65 tahun atau lebih, bayi, anak-anak, ibu hamil, dan mereka yang menggunakan obat penekan sistem kekebalan tubuh.
  1. Jauhkan tangan dari mata, hidung, dan mulut Anda. Ada kemungkinan Anda bersentuhan dengan virus corona di permukaan seperti gagang pintu atau meja dapur. Jika hal ini terjadi, kuman akan menempel di tangan Anda dan mudah masuk ke dalam tubuh saat Anda menyentuh wajah. Jadi, hindarilah menyentuh mata, hidung, dan mulut untuk berjaga-jaga jika ada virus di kulit Anda.

  1. Carilah perawatan medis jika Anda mengalami masalah pernapasan atau sesak napas. Virus corona bisa menyebabkan masalah pernapasan yang serius. Segera hubungi dokter atau unit gawat darurat jika Anda sulit bernapas. Anda mungkin mengalami infeksi serius, seperti virus corona.
  2. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  3. menggunakan masker

(Ifh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.