Olahraga yang baik pada saat puasa

Tips olahraga saat puasa

3,435

Jaringanpos Blog – Tips olahraga saat puasa yang aman perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Walaupun saat puasa kamu tidak makan dan minum, kamu tetap harus menjaga kebugaran dengan berolahraga. Namun, tentu kamu harus memperhatikan benar waktu dalam melakukannya.

Melakukan olahraga saat puasa tidak boleh berlebihan. Kamu harus memilih jenis olahraga yang ringan saja, sehingga tubuh tetap kuat dalam berpuasa. Selain itu, asupan makan dan minum, hingga jam tidur juga perlu diatur saat berolahraga di bulan Ramadan ini.

Tips olahraga saat puasa yang pertama adalah pemilihan waktu yang tepat. Ada 3 waktu yang baik untuk berolahraga di bulan puasa, yaitu sebelum atau setelah berbuka, dan setelah sahur.

  • Sebelum Berbuka

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa tentunya adalah sebelum berbuka puasa. Setelah berolahraga, yang tentunya menggunakan sisa energi, kamu bisa langsung makan saat buka puasa untuk menggantikan energi yang hilang. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengalami gula darah rendah atau dehidrasi.

Namun kamu tidak boleh memaksakan diri untuk berolahraga secara berlebihan. Pasalnya, kamu masih dalam keadaan puasa dengan sisa energi yang sedikit, sehingga olahraga yang dilakukan perlu dibatasi, tidak lebih dari 60 menit.

  • Setelah Berbuka

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa berikutnya adalah pada saat setelah buka puasa. Berbeda dengan melakukan olahraga sebelum berbuka, saat setelah berbuka ini kamu bisa melakukannya dua sampai tiga jam setelah buka puasa.

Tunggu hingga makanan dicerna oleh tubuh setelah berbuka sehingga kamu mendapatkan energi kembali untuk melakukan olahraga. Karena sudah makan dan mengisi tubuh lagi dengan energi, kamu bisa melakukan olahraga apapun yang kamu inginkan pada saat ini, dari intensitas ringan sampai berat, termasuk olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot.

  • Setelah Sahur

Setelah sahur juga merupakan salah satu waktu terbaik untuk olahraga saat puasa. Hal ini karena tubuh telah menerima energi dari makanan saat sahur, sehingga kamu bisa melakukan olahraga pada saat ini.

Namun, sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas ringan saja. Olahraga setelah sahur baik kamu lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Namun, kamu tetap harus menyediakan energi untuk melakukan aktivitas selanjutnya sampai waktu buka puasa.

Itulah beberapa tips olahraga saat puasa dengan mempertimbangkan waktu yang tepat.

(Ifh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.