Pentingnya Pengelolahan Rumput Laut Untuk Menambah Perekonomian Masyarakat

3

Di indonesia belum ada pabrik pengolahan rumput laut yang dapat memenuhi kebutuhan ekspor. Masalahnya harga pabrik tersebut tidak murah berkisar Rp.200-300 Miliar dalam satu pabrik. Sampai saat ini rumput laut di indonesia diEkspor mentah-mentah ke China dan korea dan disana akan diproses lagi menjadi kosmetik dan obat-obatan yang kemudian akan dijual kembali ke indonesia dengan hargayang jauh lebih mahal.

Pengolahan rumput laut dan produk-produk perikanan lainya menjadi salah satu factor pendongkrak naiknya nilai jual. Wakil ketua kadin bidang kelautan dan perikanan Yugi Prayanto mengatakan bahwa kendala terbesar produk rumput laut adalah prosesnya . jika rumput laut tersebut sudah diproses nilai jual pasti naik 10 kali lipat.

rumput laut ini akan jadi bernilai ekonomis kalau sudah mendapat penanganan lebih lanjut. Tapi pada umumnya penanganan pasca panen rumput laut oleh para petani rumput laut itu hanya sampai pada tahap pengeringannya saja, mungkin karena dianggap lebih praktis. Tetapi bagaimana pun juga, rumput laut kering ini merupakan bahan baku yang masih harus diolah lagi untuk bisa dijadikan suatu produk yang bisa digunakan atau dikonsumsi oleh masyarakat

. pengolahan rumput laut kering ini bisa menghasilkan beberapa produk olahan utama, seperti agar-agar, karagenan, dan algin, itu semua tergantung dari kandungan yang terdapat di dalam rumput lautnya. Pengolahan ini sendiri kebanyakan dilakukan di pabrik, tapi sebetulnya ya bisa juga dilakukan oleh para petani, bahkan kita sendiri pun bisa juga mengolahnya sendiri.

Disamping sebagai bahan makanan bergizi, rumput laut telah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat-obatan dan suplemen makanan serta difortifikasi ke produk pangan untuk meningkatkan nilai jual produk tersebut. Jenis rumput laut yang banyak digunakan untuk pembuatan obat adalah alga coklat khususnya sargasum dan turbinaria. Pengolahan rumput laut jenis tersebut menghasilkan ekstrak berupa senyawa natrium alginat. Senyawa alginat inilah yang dimanfaatkan dalam pembuatan obat antibakteri, anti tumor, penurunan darah tinggi dan mengatasi gangguan kelenjar.

(Ifh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.